Hal-Hal yang Perlu Tercakup Dalam Buat Invoice Online

ilustrasi pembuatan invoice online

Buat invoice online memang mudah namun kerap kali ada beberapa komponen yang dilupakan dalam pembuatannya. Komponen-komponen tersebut tidak boleh terlewati karena bisa membuat invoice terkesan tidak profesional atau tidak resmi.

Berikut ini adalah komponen yang perlu tercakup di dalam buat invoice online :

  1. Judul Invoice

Bagian ini sangat penting untuk ada didalam proses buat invoice online. Pada judul invoice ini tercakup project apa yang dikerjakan oleh perusahaan untuk klien. Sangat penting untuk menggunakan judul pada invoice untuk memperjelas informasi pembayaran yang perlu dilakukan oleh klien. Hal ini dikarenakan ada saja klien yang cuek tidak memperhatikan keseluruhan dari isi invoice dan pada akhirnya bisa jadi menunda-nunda pembayaran. Biasanya, judul berada pada posisi tengah.

  1. Logo dan Nama Perusahaan

Logo dan nama perusahan juga merupakan komponen penting yang wajib ada di dalam invoice online. Dengan adanya logo dan nama perusahaan akan membuat invoice menjadi lebih resmi dan lebih pantas untuk diberikan kepada klien. Posisi peletakan logo dan nama perusahan ini biasanya berada pada bagian pojok atas, baik itu pada pojok atas kiri atau kanan.

  1. Informasi Nama Klien

Nama klien juga sangat penting untuk dicantumkan pada invoice online ini agar pemberian bisa kepada orang yang tepat. Jika tidak ada nama yang tercantum, bisa saja oknum yang tidak bertanggung jawab akan mengelak untuk melakukan pembayaran. Hal ini dikarenakan tidak adanya nama ataupun data individu yang dicantumkan. Oleh sebab itu, komponen ini juga tidak boleh untuk dilupakan. Apabila akan dikirimkan secara online juga, maka bisa sekaligus mencantumkan alamat email dari klien.

  1. Data Tambahan yang Mencakup Transaksi

Data tambahan lain yang mencakup transaksi juga bisa dicantumkan pada invoice online untuk semakin memperjelasnya kepada klien. Data tersebut bisa berupa nomor invoice, tanggal tagihan, tanggal jatuh tempo, deskripsi jasa atau project yang dikerjakan, dan lain sebagainya. Dengan adanya data tambahan ini bisa memperjelas usaha yang sudah dilakukan oleh perusahaan untuk klien tersebut.

  1. Nominal dan Metode Pembayaran

Pada invoice online ini harus tercatat secara jelas berapa nominal yang perlu untuk dibayarkan oleh klien. Nominal ini merupakan nominal yang sudah disetujui oleh perusahaan dan klien pada awal ketika akan mengerjakan project tersebut. Perusahaan juga bisa memberikan beberapa opsi metode pembayaran atau metode pembayaran yang ditentukan agar klien bisa mengikuti.

  1. Tanda Tangan Dari Perusahaan

Pada bagian akhir dari invoice online sangat penting untuk ada tanda tangan dari perusahaan. Dengan adanya tanda tangan ini akan membuat invoice menjadi lebih resmi dan legalitasnya menjadi lebih jelas bahwa surat benar-benar dikeluarkan oleh perusahaan. Jangan sampai melupakan komponen-komponen penting dalam buat invoice online tersebut agar perusahaan bisa diuntungkan kedepannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *