Tips Membeli Genset Diesel Bekas Yang Berkualitas

illustrasi genset

Ketika Anda ingin membeli genset diesel, tetapi dana yang dimiliki terbatas, tidak ada salahnya membeli genset bekas yang masih baik kualitasnya. Sebelum membelinya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, yaitu:

Ketahui dulu merek dan sejarah pemakaian genset

Pada saat Anda ingin membeli genset, pastikan merek dan sejarah pemakaian genset. Hal tersebut meliputi:

  • Lama waktu penggunaan genset,
  • Genset yang digunakan diproduksi tahun berapa, 
  • Pernahkah dilakukan proses overhaul atau tidak oleh pengguna sebelumnya.
  • Alasan mengapa genset dijual

Pada prakteknya, akan lebih baik jika Anda membeli genset bekas yang pemakaian sebelumnya antara 2-3 tahun. Jangan membeli genset yang lama waktu pemakaiannya sudah diatas 10 tahun, mengingat sparepartnya kemungkinan juga sudah tidak tersedia. 

Periksa ada tidaknya sparepart yang rusak

Ketika Anda membeli genset bekas, periksa semua bagian termasuk sparepart. Pastikan tidak ada sparepart yang mengalami kerusakan dan apabila mengalami kerusakan, pastikan sparepart yang perlu diganti masih tersedia di pasaran dan tidak terlalu sulit penggantiannya.

Melakukan uji beban kerja genset

Meski hanya genset diesel bekas, bukan berarti genset tersebut sudah tidak bisa dipakai. Anda bisa melakukan tes beban pada genset dan memeriksa apakah beban listrik yang dihasilkan stabil atau tidak. Genset bekas yang layak pakai setidaknya memiliki 80% kapasitas dari kapasitas kerja yang tertera di mesin. Saat menjalankan mesin genset bekas, perhatikan suara yang dihasilkan, bising atau tidak serta warna asap yang dihasilkan oleh genset. Pada saat tes beban kerja, periksa suhu mesin, dimana mesin genset  bekas yang masih layak pakai, umumnya memiliki suhu dibawah 900C saat kondisi mesin menyala. 

Periksa garansi pakai genset

Ketika Anda membeli genset diesel bekas, jangan lupa untuk memeriksa garansi pemakaian genset, ada baiknya, Anda membeli genset bekas yang garansinya masih berjalan. Dengan begitu, Anda tidak akan mengalami kesulitan saat ada sparepart atau komponen yang rusak. Anda bisa langsung menghubungi pihak distributor untuk mengirimkan teknisi yang bisa mengajari staff di tempat Anda terkait perawatan mesin secara baik dan berkala. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *