Proses Pendaftaran BPOM

Ilustrasi pembuatan skincare

Proses registrasi dan perizinan skincare BPOM Indonesia mengharuskan Anda untuk mendapatkan agen lokal untuk mendapatkan lisensi impor. Selain itu, agensi lokal juga akan mewakili kehadiran perusahaan asing di Indonesia. Tanpa agen lokal, distributor asing tidak akan dapat beroperasi secara sah di dalam negeri. Mencari mitra lokal, untuk mendapatkan lisensi Anda oleh BPOM tanpa tekanan juga membutuhkan Anda untuk menemukan agen lokal yang terkenal.

Selain mendapatkan lisensi dan izin untuk beroperasi di Indonesia, Skema Regulasi Kosmetik Harmonisasi ASEAN juga mewajibkan perusahaan untuk melengkapi aplikasi online. Melalui aplikasi ini perusahaan dapat mendistribusikan produk kosmetik di Asia Tenggara dan memperoleh izin; Sekali lagi, perusahaan asing membutuhkan rekanan lokal. Kalau tidak, ia harus mendirikan perusahaannya sendiri di Indonesia.

Agen lokal dapat melakukan lebih dari sekadar membantu perusahaan asing untuk mendapatkan registrasi produk akosmetik. Beberapa layanan yang dapat Anda harapkan dari agen-agen ini termasuk yang berikut:

Riset pasar. Ini termasuk pengumpulan informasi tentang pemasaran produk kosmetik tertentu. Misalnya, berapa persen peluang kosmetik halal untuk dilindungi di Indonesia? Akankah lini baru produk kosmetik organik dijual di daerah pedesaan Indonesia? Dengan memiliki informasi awal seperti itu, perusahaan dapat dengan mudah memutuskan apakah akan mendorong pendaftaran BPOM atau tidak demi mendapatkan perijinan skincare.

Pemilihan distributor. Ada banyak distributor di seluruh Indonesia, penting bagi perusahaan asing untuk bermitra dengan distributor mapan yang terpercaya. Distributor ini akan memegang lisensi produk selama bertahun-tahun. Memiliki mitra lokal yang tepat akan memastikan daya jual suatu produk. Juga, penting untuk menghindari hukuman dan sanksi hukum oleh pemerintah Indonesia.

Perizinan. Berdasarkan Undang-undang Indonesia yang terbaru, hanya produk terdaftar dari distributor berlisensi yang dapat beredar di pasar Indonesia. Membeli produk secara langsung dari perusahaan kosmetik di luar negeri dan menjualnya secara lokal oleh orang Indonesia tanpa lisensi adalah ilegal. Kegiatan ini dapat dihukum dengan hukuman penjara hingga 15 tahun dan denda sebesar Rp10 juta.

Registrasi kosmetik atau pendaftaran perusahaan. Setiap produk kosmetik dan variasinya harus memiliki registrasi sendiri. Selain itu, perusahaan yang bertujuan mendistribusikan produk-produk ini juga harus mendapatkan registrasi BPOM Indonesia. Saat produk terdaftar, BPOM mengeluarkan pemberitahuan dan nomor registrasi. Nomor registrasi dicetak pada kemasan produk dan berlaku selama tiga tahun. Perusahaan dapat memperpanjang pendaftaran setelah aplikasi yang tepat sesudahnya. Perusahaan harus mengimpor produk kosmetik setiap enam bulan untuk menjaga perijinan skincare berlaku selama tiga tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *