Jenis Lampu PJU Untuk Infrastruktur Penerangan

Lampu Bohlam

lampu PJU  tenaga surya dibutuhkan untuk menerangi jalan pada malam hari demi menjaga keamanan dan keamanan pengguna jalan. Jenis lampu ini harus memenuhi 3 fungsi utamanya yaitu fungsi keamanan, fungsi ekonomis dan fungsi estetis. Baik di area perkotaan maupun perdesaan, infrastruktur penerangan yang baik dan layak sangat dibutuhkan. Berikut ini beberapa jenis lampu PJU yang banyak digunakan hingga saat ini:

  1. Lampu HPL-N

Lampu HPL-N merupakan bagian dari lampu merkuri fluorescent dengan tekanan tinggi yang masuk dalam keluarga lampu tabung. Di Australia lampu ini dikenal dengan nama MBF, di Jepang dikenal dengan HF dan di Amerika dikenal nama X dan DX. Cara kerja lampu HPL-N sama persis dengan lampu tabung fluorescent. Cahaya dihasilkan dari percikan elektron yang terjadi di dalam tabung (electron discharge). Lampu HPL-N juga sering disebut sebagai lampu merkuri. Lampu merkuri beroperasi pada daya listrik rendah dengan prinsip mengubah radiasi ultraviolet menjadi visible light (sinar yang terlihat). Jenis lampu ini sering digunakan sebagai penerangan jalan umum dikarenakan color rendering-nya yang cukup bagus.

  1. Lampu SON-T

Lampu SON-T atau lampu jalan sodium bertekanan tinggi merupakan jenis lampu tabung yang memiliki tekanan gas cukup tinggi di dalam tabung. Sama dengan jenis lampu lainnya, lampu SON-T memerlukan adanya balast reaktor autrofa yang bekerja dalam daya yang rendah. Jenis cahaya yang diproduksi berasal dari 2 tabung yaitu tabung gas dan tabung luar (bohlam). Bohlam yang berada pada bagian luar memiliki fungsi untuk mempertahankan kestabilan temperatur tabung gas dan mencegah terjadinya kerusakan karena bahan kimia.

  1. Lampu LVD

Lampu LVD merupakan jenis lampu induksi dengan efisiensi tinggi. Lampu LVD dengan ukuran watt kecil mampu menghasilkan cahaya setara dengan lampu sodium ataupun lampu MHL (Metal Halide) dengan daya yang lebih besar. Masa pakai jenis lampu ini juga tergolong cukup panjang dengan capaian hingga 100.000 jam. Jenis lampu LVD yang sering digunakan sebagai PJU adalah lampu LVD 80 watt dengan angka efisiensi setara dengan lampu merkuri 250 watt. Angka efisiensi ini tentu tergolong cukup tinggi, lampu LVD digolongkan dalam jenis lampu yang terang dengan usia pakai relatif lama.

  1. Lampu NEON TL

Lampu TL merupakan nama lain dari lampu fluorescent. Jenis lampu ini banyak digunakan sebagai lampu PJU karena memiliki suhu yang lebih dingin dengan intensitas pemakaian sama dan daya pakainya relatif kecil.

Dalam memilih lampu PJU yang digunakan, 3 unsur penting di atas harus menjadi pertimbangan utama. Karena terus digunakan dalam waktu lama, tidak ada salahnya Anda memilih jenis lampu PJU yang menggunakan daya listrik rendah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *