Berikut Jenis Panel Surya Yang Wajib Diketahui

panel surya untuk rumah

Untuk menunjang kehidupan di zaman yang serba modern dibangunlah sebuah panel tenaga surya yang mampu membangkitkan tegangan energi. Supaya pembangkit energi jenis ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat haruslah ada panel surya untuk rumah yang akan berfungsi sebagai pembangkit listrik.  Karena penel ini nantinya akan bermanfaat untuk menangkap sinar matahari kemudian diubah menjadi energi listrik. Namun, sebelum itu anda harus tahu jenis-jenis panel surya terlebih dahulu.

Jenis-Jenis Panel Surya

  1. Monocrystalline Silicon

Jenis panel surya yang pertama adalah Monocrystalline Silicon. Panel ini adalah salah satu tipe surya yang menggunakan sebuah material silikon yang akan dijadikan sebagai bahan utama untuk menyusun sel surya. Cara penggunaan pun cukup mudah, material ini cukup diiris secara tipis-tips dengan bantuan teknologi yang dibuat khusus. Adanya teknologi ini, akan menjadikan kepingan sel surya yang menjadi hasil yang sama atau identik satu dengan yang lainnya yang mempunyai kinerja yang tinggi.

Untuk menghasilkan energi listrik panel tipe ini menggunakan sebuah sel surya yang disebut crystalline tunggal yang di dalamnya memiliki frekuensi yang tinggi. Untuk mengenali panel surya ini anda bisa melihat dari selnya yang mempunyai warna hitam gelap dan model potongan yang diletakkan pada tiap sudutnya.

  1. Plycrystalline

Jenis panel surya yang kedua adalah plycrystalline. Panel ini terbuat dari sebuah batang Kristal silikon yang sudah dicairkan sebelumnya, setelah itu anda hanya tinggal menuangkannya ke dalam cetakan dengan bentuk persegi. Namun, Kristal silikon yang digunakan dalam pembuatan panel surya jenis ini tidak semurni pada sel surya monocrystalline. Setelah anda melalui tahapan di atas, anda tidak bisa menghasilkan yang sama antara satu dengan yang lainnya. bahkan, efisiensinya pun lebih rendah dari monocrystalline.

Penampilan panel surya ini mirip dengan motif pecahan kaca yang berada di dalamnya. Bahkan mempunyai bentuk persegi. Keuntungan menggunakan jenis panel surya ini, anda bisa menyusunnya dengan rapat dan tidak akan memberikan ruang kosong yang tidak akan berguna nantinya. 

  1. Thin Film Solar Cell 

Panel surya thin film solar atau disingkat menjadi TFSC. dalam pembuatan panel surya ini anda bisa menambahkan sel surya dengan irisan tipis yang akan dimasukkan ke dalam lapisan dasar. Karena bentuknya yang tipis membuat jenis panel surya ini sangat ringan dan fleksibel. Bahkan lapisannya bisa anda ukur sendiri ingin menggunakan nanometers atau micrometers.

Banyaknya kemudahan ketika menggunakan panel surya menyebabkan banyak orang penasaran mengenai pembangkit listrik  ini, selain menghemat biaya pengeluaran, ternyata panel surya ini sangat aman digunakan walaupun dalam rumah kaca sekalipun.

Demikianlah ulasan singkat yang bisa kami sampaikan mengenai panel surya semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk anda yang sebelumnya belum mengetahui jenis-jenis panel surya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *