5 Tips Bermain Trampolin Anak di Rumah Agar Aman

Tips aman bermain trampolin anak

Trampolin anak merupakan salah satu jenis permainan yang menyenangkan bagi anak. Sebab, pada dasarnya, anak sangat senang bermain lompat-lompatan. Trampolin memiliki ukuran dan harga yang bervariasi, dari yang kecil hingga yang besar. Harga trampolin besar tentu berbeda dengan yang kecil. Namun demi kenyamanan dan keamanan, sebaiknya tidak menggunakan trampolin yang terlalu kecil.

Meskipun menyenangkan dan menggunakan trampolin yang berukuran besar, sebagai orang tua, Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut ini agar permainan trampolin menjadi aman saat dimainkan anak.

  • Memastikan Satu Trampolin Satu Anak

Pada saat bermain trampolin, tidak semua anak mempunyai keseimbangan yang sama. Jika satu trampolin digunakan beberapa anak sangatlah berbahaya. Risiko bertabrakan, jatuh, dan cedera pun sangat besar. Meskipun trampolin tersebut berukuran besar. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan satu trampolin hanya digunakan oleh satu anak saja. Jika Anda mempunyai buah hati lebih dari satu dan semua ingin memainkan trampolin, mintalah mereka untuk bermain dengan saling bergantian.

  • Memastikan Anak Berusia Minimal 5 Tahun

Sejak usia balita, anak sudah menunjukkan kesenangannya bermain lompat-lompat. Namun, bukan berarti mereka sudah diperbolehkan bermain trampolin. Sebaiknya, trampolin baru diperkenalkan pada anak di usia lima hingga enam tahun, di mana koordinasi organ tubuh mereka sudah cukup baik. Untuk usia di bawah lima tahun, sebaiknya gunakan alat lain untuk menyalurkan hobi melompat mereka, misalnya di kasur.

  • Memastikan Anak Tidak Melakukan Gerakan Berbahaya

Dalam bermain trampolin, anak memang diperbolehkan menerapkan beberapa gaya melompat sesuai kreativitas dan kemampuannya. Hanya saja, Anda perlu membatasi mereka untuk tidak menggunakan gerakan berbahaya, seperti salto. Sebab, gaya ini cukup mengandung risiko besar bagi anak-anak. Berbeda halnya jika gaya ini dilakukan oleh orang dewasa atau yang sudah berpengalaman.

  • Memastikan Anak Menggunakan Sepatu dan Pakaian Nyaman

Sepatu dan pakaian sangat menentukan kenyamanan dan kebebasan anak dalam bergerak di trampolin. Oleh karena itu, pastikan mereka menggunakan sepatu dan pakaian yang aman dan bebas dari benda yang runcing

  • Memastikan Alat Trampolin Berdiri Aman

Sebelum anak bermain trampolin, pastikan alat tersebut berdiri di posisi aman, yaitu di atas tanah yang rata dan jauh dari pagar maupun kolam renang. Pakailah trampolin yang berukuran cukup besar meski Anda harus membayar lebih untuk harga trampolin besar. Selain itu, berikan pengaman di sekitar trampolin agar saat anak terjatuh di pinggir trampolin tetap aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *