Jenis Besi Kanal Untuk Kontruksi Bangunan

Konstruksi bangunan yang tersusun dari rangkaian besi

Kanal sendiri berarti sambungan. Dalam dunia konstruksi memang sudah tidak asing lagi dengan nama besi kanal. Namun tentu saja akan terdengar asing bagi Anda yang tidak berkecimpung secara langsung dalam bidang konstruksi. Besi kanal terdiri dari besi UNP 50 dan besi CNP.

Besi kanal sendiri merupakan besi yang berbahan utama pelat koil atau lembaran baja. Besi kanal dibuat dengan mesin yang berteknologi tinggi menggunakan sistem komputer sehingga memiliki bentuk yang presisi. Sedangkan waktu yang dibutuhkan dalam proses pembuatannya dapat dikatakan relatif cepat. Terdiri dari pemotongan pelat, penekukan, pemotongan, dan pendinginan.

Besi kanal mempunyai kelebihan yang kokoh, kuat, tahan karat, dan anti rayap. Sehingga besi kanal lebih banyak digunakan untuk konstruksi bangunan.

Jenis besi kanal

Besi kanal terdiri dari besi kanal C atau besi CNP dan besi kanal U atau besi UNP seperti yang akan dijelaskan di bawah ini;

  1. Besi kanal C atau besi CNP

Besi kanal C memiliki penampang seperti huruf C. besi ini diproduksi dengan panjang yang standar yaitu enam meter. Namun dibuat dengan berbagai variasi dan dimensi antara lain 60, 75, 100. 120, 150, dan 200 mm. sedangkan untuk ketebalannya 3,2 mm saja. Besi CNP umumnya digunakan untuk membuat rangka atap rumah atau bangunan dan industri. Besi CNP juga biasa dijadikan sebagai pagar, rangka kanopi, dan lain sebagainya.

2. Besi Kanal U atau besi UNP

Disebut dengan besi kanal U karena penampangnya yang seperti huruf U. Untuk ukuran panjang dan bentuk dimensinya tidak jauh berbeda dengan besi CNP seperti besi UNP 50. Besi CNP juga biasa digunakan untuk rangka atap, penopang dinding, elemen sambungan, dan masih banyak lagi.

Untuk harga pasaran besi CNP atau besi UNP, kedunya berbanding lurus dengan ukuran dan dimensinya. Semakin besar dimensi yang dimiliki, maka akan semakin tinggi juga harganya. Di pasaran juga banyak distributor besi CPN atau besi UNP 50 dengan harga yang bervariasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *