Pembagian Fungsi Dari Sistem E-Commerce Warehouse Management

Sistem ecommerce warehouse management

Apa sih fungsi dari ecommerce warehouse management? Manajemen gudang dari perusahaan ecommerce umumnya ditujukan dalam proses menangani serta mengendalikan beragam material yang ada di dalam gudang. Meskipun setiap aktivitas yang dimilikinya terbatas di dalam gudang, namun sistem dari manajemen tersebut tentunya mampu mengatasi beragam masalah yang berkaitan dengan pengelolaan serta suplai barang yang selalu terjaga dengan lebih lancar. Karena itulah pada manajemen gudang, umumnya dikaitkan dengan beragam bentuk pergerakan, kemudian proses pengambilan, pengepakan, juga proses penyimpanan stok barang yang ada di dalam gudang.

Sementara itu, untuk sistem dari manajemen gudang dari perusahaan e-commerce sendiri umumnya dapat dibagi menjadi beberapa bagian diantaranya :

  • Pemenuhan permintaan pelanggan

Dengan menggunakan sistem dari manajemen gudang e-commerce yang tepat, tentunya anda pun dapat memastikan bahwa penyimpanan dari stok barang tersedia dengan lebih memadai di gudang terdekat yang memiliki posisi dekat dengan permintaan pelanggan. Pasalnya permintaan pelanggan yang seringkali mendadak serta berada dalam jumlah banyak pun tentunya akan dapat anda penuhi dengan lebih mudah. Dalam hal ini, anda pun diharuskan untuk mengambil inventori dari beberapa gudang demi memenuhi permintaan pelanggan yang berada dalam jumlah banyak. Selain itu, untuk penyatuan stok itu sendiri juga dapat anda lakukan dengan tujuan drop shipping atau stock cross docking.

  • Penentuan lokasi serta ketersediaan stok barang

Keberadaan ecommerce warehouse management yang diiusukan dengan sistem pengelolaan terbagi atau multi gudang menjadi bagian penting yang wajib untuk anda lakukan. Pasalnya dengan cara tersebut anda dapat memastikan bahwa ketersediaan dari stok barang yang anda miliki dapat lebih terjaga dengan memadai. Termasuk untuk proses pengiriman barang dengan tepat, serta tidak membutuhkan waktu pengiriman lama karena hal tersebut dapat dioptimalkan serta diseimbangkan melalui pembagian inventori dari setiap kebutuhan yang ada. Selain itu. Tata letak dari gudang yang tersebar juga dapat menentukan kecepatan serta akurasi barang agar dapat dikirim dengan lebih baik.

  • Tingkat inventori serta re-order dengan waktu yang tepat

Meskipun sistem pembagian dari manajemen gudang di bagian atas tadi cukup membantu fungsi setiap ecommerce warehouse management dengan lebih baik, namun hal ini juga memiliki cara pengelolaan yang cukup sulit untuk dilakukan, utamanya ketika melakukan kegiatan re-order. Karena itulah pada sistem yang satu ini, dikarenakan setiap barang atau inventaris perusahaan e-commerce tersebar di beberapa lokasi gudang yang berbeda, maka jumlah persediaan stok barang pun harus terus dipantau, agar manajer dapat menghubungi pemasok secara langsung apabila barang persediaan yang terdapat di gudang mulai berkurang. Selain itu,permasalahan lain juga kerap muncul karena tidak semua barang yang berada di lokasi tersebut memiliki tingkat penjualan yang sama, beberapa diantaranya dapat terjual laris di gudang yang satu namun belum tentu pada penjualan di lokasi gudang lainnya.

Itulah kiranya beberapa fungsi utama dari sistem ecommerce warehouse management yang ada saat ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *