Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Lampu Jalan Tenaga Surya

lampu PJU led 30 watt

Salah satu solusi dari pemborosan energi listrik dari penggunaan lampu jalan adalah penerapan panel tenaga surya. Lampu PJU led 30 watt Tenaga Surya (PJU-TS) merupakan lampu penerangan jalan yang menggunakan panel surya atau solar cell sebagai sumber energi listriknya. Panel surya itu sendiri adalah perangkat listrik yang mengubah energi dari cahaya matahari langsung menjadi energi listrik melalui efek fotovoltaik.

Lampu jalan tanaga surya biasanya digunakan untuk jalan-jalan di beberapa daerah yang terpencil dan masih belum terjangkau oleh listrik PLN. Namun bukan berarti penerangan lampu jalan tenaga surya tidak digunakan di daerah perkotaan, lho. Justru banyak kota-kota besar yang memanfaatkan lampu ini di jalan ruas utama, jalan kawasan perumahan, jalan di kawasan kampus, tempat parkir, halte bus, dan sebagainya.

Kelebihan Lampu Panel Surya

Lampu jalan panel surya dapat menyala secara otomatis mulai dari sore hari dan kemudian padam pada pagi hari. Hal ini tentunya membuat penggunaan lampu jenis ini menjadi lebih praktis. Lampu yang dapat beroperasi secara mandiri dan tidak memerlukan kabel jaringan pada setiap tiangnya sangat memudahkan proses instalasi maupun perawatannya. Biaya untuk membeli kabel pun dapat dipangkas.

Apabila digabungkan dengan lampu LED jenis hi-power, maka cahaya yang dihasilkan akan sangat terang. Bukan hanya itu, penggunaan panel surya pada lampu jalanan pun dapat bertahan lama, lho. Lampu jenis ini dapat berfungsi hingga 25 tahun dengan masa pemakaian bisa mencapai 50.000 jam apabila menggunakan sumber daya DC.

Kelebihan lainnya dari lampu jalan panel surya ini adalah ramah lingkungan karena di dalamnya sudah memiliki sumber energi sendiri tanpa bergantung pada energi lainnya. Lampu jenis ini juga dapat mengurangi resiko gangguan black out secara total.

Kekurangan Lampu Panel Surya

Kekurangan dari lampu jalan panel surya ini adalah biayanya yang relatif masih mahal. Saat ini, harga dari panel surya masih sangat tinggi sehingga dibutuhkan investasi awal dengan budget yang tidak sedikit. Apabila dibandingkan dengan lampu jalan konvensional, biaya pemasangan lampu panel surya jauh lebih mahal. Hal ini lah yang kemudian banyak orang berpikir dua kali untuk beralih ke lampu panel surya.

Beberapa panel surya juga masih dalam proses pengembangan dan tahap pemutakhiran sehingga tingkat efisiensinya belum maksimal. Saat ini, rata-rata efisiensi panel surya kurang dari 20%. Hal ini tentu masih cukup jauh dari kata optimal. Selain itu, lampu jalanan berpanel surya juga kurang cocok dengan cuaca ekstrim karena dapat merusak dan menyebabkan berkurangnya produksi energi yang dihasilkan. Perangkat yang tidak memiliki kabel ini juga sangat rentan untuk dicuri sehingga tingkat keamanannya perlu untuk diperhatikan, apalagi mengingat harga dari sebuah panel surya cukup mahal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *